Pengen Pinter, Joging yuk!!

02 April 2009

Beberapa hari ini aku merasa badan sakit semua,cepat capek,terasa berat dan males aja bawaanya gak dirumah gak dikantor sama aja,aku ingat-ingat ini mungkin dari kurangnya olah raga karena memang sudah sebulan aku gak pernah olah raga ya walopun cuma joging dipagi hari karena lebih senang mematikan alarm dan meneruskan mimpi yang sempat terhenti.

Dan pada akhirnya aku mendapat pencerahan dari membaca artikel sebuah majalah pinjaman dari teman kantor yang menyatakan bahwa hasil penelitian yang dipresentasikan dalam konfrensi Society for Neuroscience tahun 2001 seseorang yang rutin berolah raga joging menunjukkan kamampuan belajar dan mengingat lebih baik ketimbang mereka yang tidak joging,namun kemampuan itu akan menurun ketika tidak berolah raga lagi.Artinya kita harus mempertahankan kegiatan berolah raga tadi jika mau tetap pintar.

Joging merangsang bagian dari otak yang berurusan dengan fungsi psikologi kompleks,seperti membuat keputusan,perencanaan,berpikir dan daya ingat, tapi maaf bagian dari otak tsb aku lupa namanya ini karena efek gak pernah joging hehehe...
Masih dalam artikel tersebut dari penelitian Fernando gomes pinilla dan kawan-kawan dari university of california (UCLA) menunjukkan barwa tikus yang diberi makanan berlemak jenuh dan gula mengalami penurunan zat kimia otak Brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Padahal zat ini membantu otak memindahkan informasi. Tikus yang kadar BDNF rendah lebih sulit mengingat jalan dalam labirin daripada tikus normal. Namun penurunan BDNF dapat diimbangi dengan berolah raga.pada tikus berolah raga selama dua bulan bisa mengembalikan kadar BDNF ke tingkat normal.Pada manusia?
coba saja.

Labels:

1 komentar:

  1. rhee says:

    iki opo thoo tulisane??moco ne piye??

Posting Komentar