katulampa

20 Januari 2009


Katulampa ya itulah nama sebuah bendungan di daerah bogor  yang menjadi perhatian banyak masyarkat Jakarta akhir-akhir ini, karena dari katulampa itulah aliran sungai ciliwung yang membelah jakarta berasal yang artinya dari bendungan inilah nasib ribuan atau bahkan jutaan nasib orang jakarta bergantung dari banjir yang akhir-akhir ini mengintai  seiring meningkatnya curah hujan di ibukota dan Bogor.

Menurut ramalan BMG curah hujan yang sekarang ini turun masih akan meningkat terutama awal Februari jadi sekali lagi kemungkinan banjir yang telah menggenangi beberapa wilayah jakarta sekarang ini akan terus terjadi minimal sampai bulan depan,jadi bagi teman-teman warga jakarta tetap siap siaga.

Foto-foto tentang katulampa ini saya ambil sekitar akhir Desember 2008 saat itu aku kepengen bgt lihat yang namanya bendungan yang konon dibangun saat masih jaman belanda, dari foto-foto ini jelas debit air di bendungan ini sangat sedikit bahkan terkesan sangat dangkal dan  dari beberapa pintu air yang teraliri air hanya 2 pintu, jika ketinggian air di mercu bendung Katulampa berada pada level di bawah 50cm, berarti masih normal. Sedangkan jika di atas 50cm sampai dengan 70cm, mulai memasuki status waspada. Dan jika ketinggian air sudah berada di atas 100cm, artinya status di hulu kali Ciliwung mulai memasuki siaga sehingga dengan kondisi tersebut hampir dipastikan Jakarta akan kebanjiran.

Pemerintah dan dinas terkait sebenarnya sudah mengantisipasi banjir di jakarta dengan memasang CCTV di bendungan ini untuk memantau ketinggian air ciliwung, bahkan pemasangan CCTV ini sudah dilakukan sejak November tahun lalu tapi sayangnya dari berita yang saya baca ternyata sampai saat ini CCTV  belum berfungsi dengan baik dan masih dalam proses penyempurnaan.

Labels:

0 komentar:

Posting Komentar